09 April 2021, 21:09 WIB

Setelah PTM, Pemprov DKI Rencanakan Pembukaan Kembali Kampus


Hilda Julaika | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pembukaan kampus tengah dalam tahap kajian saat ini. Ia menilai adanya kemungkinan pembukaan kampus di tahun ini, khususnya di Jakarta. Namun, hal ini kewenangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga DKI menunggu ketentuan dari Kemendikbud. 

"Saya kira tahun ini dimungkinkan perguruan tinggi dibuka. Saya kira dengan cara terbatas, kapasitasnya terbatas, kemudian jamnya terbatas, kemudian mata kuliahnya terbatas," kata Ariza, sapaan akrabnya, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/4).

Menurutnya yang menjadi catatan adalah keamanan dalam perjalanan menuju kampus. Sehingga protokol kesehatan dari mobilitas tersebut perlu diketatkan. Namun, pihaknya mempercayai Satgas Covid-19 di sekolah dan kampus memahami protokol kesehatan untuk perlindungan diri. 

Baca juga : Urus SIKM Lewat Kelurahan, Sehari Selesai

"Tentu yang paling penting sekali lagi bukan di kampus bukan di rumah. Namun, perjalanan dari rumah ke kampus, dari kampus ke rumah itu potensi terjadi penyebaran ada di situ," jelasnya.

Sementara itu, berkaca dari penyelenggaraan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), pihaknya sudah meminta orang tua siswa untuk tetap mengawasi anaknya. Pengawasan berupa menjalankan protokol kesehatan dari rumah , sekolah, sampai kembali ke rumah.

"Jangan sampai ketika pulang dari kampus, pulang dari sekolah mampir ke rumah teman tempat lain nongkrong dsb dan akhirnya berpotensi terjadinya penyebaran virus corona," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT