09 April 2021, 15:18 WIB

Di Tangan Keluarga Cendana, Laporan Keuangan TMII Rugi Melulu


Andhika prasetyo | Megapolitan

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan, selama dikelola Yayasan Harapan Kita, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kerap mengalami kerugian yang cukup besar.

Berdasarkan informasi yang ia terima, setiap tahun, kerugian yang diderita bisa mencapai Rp50 miliar.

"Saya dapat informasi bahwa setiap tahun Yayasan Harapan Kita menyubsidi antara Rp40 miliar sampai Rp50 miliar. Pastinya itu tidak memberi kontribusi kepada negara," ujar Moeldoko di kantornya, Jakarta, Jumat (9/4).

Atas alasan itulah pemerintah mengambil alih pengelolaan TMII dari Keluarga Cendana. Moeldoko mengatakan pemerintah tidak tega melihat Yayasan Harapan Kita harus terus-terusan menutupi kerugian yang diderita kawasan wisata bertema budaya itu.

"Kasihan Yayasan Harapan Kita. Mereka menombok terus daru waktu ke waktu," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Bertolak ke NTT untuk Tinjau Upaya Penanganan Bencana

Ke depannya, ia melanjutkan, TMII akan dikelola secara profesional oleh pihak yang memang memiliki kemampuan mumpuni. Sejauh ini, opsi yang paling terbuka adalah BUMN yang bergerak di bidang pariwisata.

Adapun, konsep yang akan dimunculkan adalah menjadikan TMII sebagai kawasan pelestarian dan pengembangan budaya serta sarana wisata edukasi bermatra budaya nusantara.

"Kita lihat bersama bahwa perkembangan pariwisata ke depan semakin baik. Oleh karena itu, TMII ke depan harus betul-betul menjadi sebuah tempat yang memiliki nilai keekonomian dan sosial budaya," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT