09 April 2021, 14:45 WIB

Istiqlal Dibuka Selama Ramadan, Kapasitas Dibatasi 2000 Jemaah


Hilda Julaika | Megapolitan

IMAM Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar mengatakan akan membuka Masjid Istiqlal untuk beribadah di bulan Ramadan. Adapun kapasitas yang dibuka mencapai 2.000 orang dari total kapasitas 250 ribu orang. Pembukaan ini dilakukan secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Nah kali ini Masjid Istiqlal dengan memfasilitasi hanya 2 ribu yang sesungguhnya untuk masjid ini ukuran yang kecil karena kapasitas istiqlal ini sampai 250 ribu," ujar Nasaruddin, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/4).

"Jadi kalau seluruhnya dipakai 250 ribu dan ini hanya digunakan 2 ribu, ini menandakan keseriusan untuk menjaga keselamatan," jelasnya.

Adapun untuk kegiatan di dalam masjid yang diperbolehkan adalah kegiatan khusus ibadah saja. Untuk aktivitas lainnya seperti sahur tidak dianjurkan dilakukan di masjid.

Baca juga: Cegah Pemudik Bandel, Pemprov DKI Awasi Jalan Tikus

Di dalam masjid pun dilakukan pengawasan yang ketat. Dengan disediakan sebanyak sekitar 140 CCTV atau kamera pengawas.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pembukaan masjid Istiqlal ini dengan tetap menjaga keselamatan. Sehingga tetap harus menjaga perlindungan sesama warga dari penularan sambil tetap bisa menjalankan ibadah yang suci di bulan Ramadan.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus Istiqlal, Pak Imam dan seluruh jajaran yang telah menjadikan ini sebagai contoh. Insya Allah nanti bisa jadi referensi bagi masjid-masjid lain di Jakarta dan Indonesia. Terima kasih," tutupnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT