09 April 2021, 10:34 WIB

Cegah Pemudik Bandel, Pemprov DKI Awasi Jalan Tikus


Theofilus Ifan Sucipto | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mengawasi jalur tikus di Ibu Kota. Upaya itu untuk mengantisipasi masyarakat yang bandel mudik.

"Tidak ada lagi celah-celah bagi mereka yang ingin mudik apalagi lewat jalur jalur tikus. Itu sudah diantisipasi," tegas Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) saat dihubungi, Jumat (9/4).

Ariza menyebut antisipasi itu dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Mereka bekerja sama dengan aparat keamanan untuk mengawasi.

Baca juga: Pemkot Jakpus akan Awasi Prokes di Lokasi Penjualan Takjil

Meski begitu, Ariza meminta kesadaran masyarakat mematuhi larangan mudik. Pasalnya, ada tren lonjakan kasus covid-19 usai libur panjang dan libur nasional.

"Sekalipun pintunya terbuka tapi kalau kesadaran masyarakat lebih baik itu jauh lebih baik, lebih mulia ada kesadaran," papar dia.

Pemprov DKI, kata Ariza, juga terus menggencarkan protokol kesehatan. Dia ingin kegiatan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun (3M) dibiasakan seperti bernapas, mandi, dan makan.

"Jadikan itu semua sebagai kebutuhan tanpa harus diingatkan peraturannya tanpa harus dihadirkan aparat," ujar politikus Partai Gerindra itu.

Ariza mafhum mudik sudah menjadi budaya orang Indonesia untuk bersilaturahmi. Namun, menahan diri untuk tidak mudik tahun ini juga bentuk kasih sayang.

"Jangan sampai kita datang ke kampung kemudian membawa virus, menularkan, dan akhirnya (anggota keluarga) terpapar. Lebaran bisa dilakukan secara virtual dan tidak mengurangi substansi Lebaran itu sendiri," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT