08 April 2021, 20:40 WIB

Kebakaran Pasar Kambing Diduga Diakibatkan Korsleting Listrik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta masih berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di Pasar Kambing, Keluruhan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, laporan kebakaran masuk ke Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat pada Kamis (8/4) pukul 16.50 WIB. Mobil petugas pemadam kebakaran tiba lima menit kemudian.

Api diduga berasal dari korsleting listrik di Pasar Lontar yang bersebelahan dengan Pasar Kambing.

"Diduga kebakaran berasal dari konsleting listrik pada lapak toko perabotan di Pasar Lontar. Api diketahui oleh warga sudah membesar dan warga berusaha memadamkan. Namun, api tidak berhasil dipadamkan dan menghubungi petugas damkar," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan dalam keterangan resmi.

Baca juga: 136 Lapak dan 40 Kios Pasar Kambing Ludes Terbakar

Satriadi melanjutkan beberapa faktor yang menyulitkan pemadam dalam proses memadamkan api yakni

Namun, karena lokasinya berada di kawasan padat dan jalan masuk yang sempit, akses jalan sempit serta kondisi jalan menuju TKP macet karena saat kebakaran terjadi bertepatan dengan jam pulang kerja.

"Selain itu, sumber air jauh dari TKP," tutur Satriadi.

Sebanyak 85 petugas pemadam dan 17 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api di pasar.

Sebanyak 174 kios terbakar di luas area kurang lebih 5 hektare. Kerugian materil sebagai dampak dari kebakaran ini ditaksir mencapai Rp1 miliar. (OL-4)

BERITA TERKAIT