08 April 2021, 16:01 WIB

Terminal Ditutup, Wagub DKI Imbau Warga Tidak Mudik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

LAYANAN angkutan umum untuk rute antar kota antar provinsi (AKAP) di hampir seluruh terminal di Jakarta akan ditutup oleh Pemprov DKI Jakarta. Penutupan ini akan dilakukan mulai pada periode libur lebaran 2021 yakni pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

Layanan AKAP akan dibuka hanya melalui Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan kebijakan itu sudah dikoordinasikan antara Dinas Perhubungan DKI bersama Polda Metro Jaya.

Meski layanan bus AKAP masih dibuka melalui Terminal Pulo Gebang, Ariza mengimbau agar warga Jakarta tetap berada di rumah saat libur lebaran nanti.

"Itu kebijakan dari Dishub bersama Polda, kita minta, sekalipun dimungkinkan dilakukan mudik pada lebaran tahun ini. Namun, kami berharap seluruh warga Jakarta untuk tetap berada di Jakarta. Di rumah adalah tempat yang terbaik bagi kita," kata Ariza di Balai Kota, Kamis (8/4).

Masyarakat diminta untuk menghindari keluar rumah tertuama berpergian jarak jauh keluar kota karena saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih menghadapi wabah Covid-19.

Untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, ia berharap masyarakat menggunakan teknologi informasi yang sudah berkembang saat ini.

Sebab, jika berpergian ke kampung halaman justru dikhawatirkan akan terjadi penularan Covid-19 kepada kerabat terutama yang sudah lanjut usia.

"Jangan sampai kita datang ke sana membawa virus, menularkan yang mengakibatkan saudara kita, keluarga kita terpapar virus corona. Atau sebaliknya kita kembali ke Jakarta membawa virus ke Jakarta sehingga terpapar saudara-saudara kita. Saya kira lebaran mudik bisa dilakukan secara virtual," tegasnya. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT