08 April 2021, 15:43 WIB

DKI Bangun Tugu Sepeda Senilai Rp800 Juta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah membangun tugu sepeda di Jalan Jenderal Sudirman. Menurut Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, pembangunan tugu sepeda bertujuan untuk menunjukkan perhatian Pemprov DKI kepada pesepeda.

Apalagi, sepeda merupakan alat transportasi yang mudah dan murah. Serta, dapat digunakan berbagai usia.

"Sepeda ini kan alat transportasi yang bisa digunakan oleh siapapun. Itu kan memberi ruang untuk pelaku seni berkreasi. Seni untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas, serta mempercantik Jakarta," ujar Ariza, sapaan akrabnya, di Balai Kota, Kamis (7/4).

Baca juga: DKI Pastikan Vaksinasi Guru Dikebut Jelang Sekolah Tatap Muka

Pembangunan tugu sepeda bersamaan dengan pengerjaan jalur sepeda permanen di kawasan Sudirman-Thamrin sepanjang 11,3 km. Anggaran pembangunan dua objek itu tidak bersumber dari APBD, namun dari dana kewajiban pengembang senilai Rp28 miliar.

"Tugu sepeda ini dapat anggaran dari kewajiban pihak swasta, pihak ketiga. Kemudian nilainya kurang lebih Rp28 miliar, termasuk tugunya yang 800 juta," jelas Ariza.

Mantan anggota DPR RI itu menegaskan pembangunan jalur sepeda dan tugu sepeda sebagai bentuk keberpihakan Pemprov DKI kepada pengguna sepeda.

"Kami berharap ke depan sepeda ini tidak hanya sebagai alat olahraga, rekreasi, tapi transportasi. Jadi, bisa terintegrasi dengan moda transportasi lain," tandasnya.(OL-11)

 

 

 

 

BERITA TERKAIT