08 April 2021, 15:45 WIB

333 Titik Penyekatan Saat Mudik, Dari Lampung Hingga Bali


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menuturkan terdapat 333 titik penyekatan di jalur darat selama larangan mudik Lebaran, mulai dari 6 hingga 7 Mei mendatang.

"Sekitar 333 pos cek point disiapkan oleh Korlantas," kata Budi saat dikonfirmasi Media Indonesia, Kamis (8/4).

Ratusan titik penyekatan, baik di kota/kabupaten atau provinsi tersebar di sejumlah wilayah mulai Lampung sampai Bali.

Dalam keterangan pers, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku meminta jajaran Ditjen Perhubungan Darat untuk mensosialisasikan kebijakan pengendalian transportasi pada masa mudik lebaran tahun ini kepada masyarakat.

Baca juga: Cegah Pelajar Kongkow Pasca-PTM, Guru Pantau Via Grup WhatsApp

Hal ini, menyusul adanya kebijakan pemerintah untuk meniadakan mudik guna mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19. “Penjelasan ini sangat penting untuk diketahui masyarakat agar mereka mengerti alasan pemerintah melarang mudik pada tahun ini,” kata Menhub

Sebelumnya, pihaknya telah menyampaikan alasan pemerintah meniadakan mudik tahun ini, diantaranya yaitu terjadinya lonjakan kasus covid-19 pada Januari lalu atau setelah libur Natal dan Tahun Baru dengan 190 ribu kasus.

Lalu pertimbangan lainnya ialah lebih dari 100 orang tenaga kesehatan (nakes) meninggal dunia, penduduk usia lansia yang berisiko sangat tinggi jika terpapar covid-19, dan lainnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT