06 April 2021, 22:32 WIB

Kasus Aktif Menurun Pemprov DKI Kurangi Kapasitas RS


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DATA Dinas Kesehatan DKI Jakarta menunjukkan adanya penurunan pada jumlah kasus aktif covid-19 selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Jumlah kasus aktif selama dua minggu terakhir mengalami penurunan sebanyak 1.247 kasus, yakni 7.322 kasus aktif pada 21 Maret, menjadi 6.075 kasus aktif pada 5 April.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebutkan hal itu berdampak pada penurunan jumlah keterisian tempat tidur isolasi maupun ICU covid-19. Karena penurunan tersebut, Dinkes DKI pun mengalihkan tempat tidur isolasi covid-19 untuk menangani penyakit non-covid.

"Per 5 April, jumlah kapasitas tempat tidur isolasi yang kami miliki sekitar 7.513 unit dan terisi 3.311 atau 44%, serta untuk ICU sebesar 1.136 unit dan terisi 548 atau 48%. Dengan demikian, ada penurunan pemakaian kedua fasilitas tersebut, yakni 10% di tempat tidur isolasi dan 11% di ICU, sehingga kedua fasilitas yang sebelumnya disiapkan dapat dialihkan untuk perawatan pasien non-covid," kata Widyastuti dalam keterangan resmi, Senin (5/4).

Namun demikian, ia menegaskan warga tetap tidak boleh lengah. Saat ini pandemi covid-19 masih mewabah dan belum tertanggulangi.

"Kita tidak boleh lengah dengan angka penurunan ini. Kemarin ini juga adalah momen libur akhir pekan selama tiga hari, sehingga kita harus siap untuk situasi apapun agar kurva kasusnya bisa terkontrol dengan baik," pungkasnya. (OL-8).

BERITA TERKAIT