06 April 2021, 19:29 WIB

Wagub DKI: Vaksinasi DKI Berada di Jalur Cepat


Selamat Saragih | Megapolitan

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Jakarta berjalan dengan cepat. Hal itu terlihat dari vaksinasi di Ibu Kota yang telah menyentuh angka sebanyak 1.833.698 orang untuk penyuntikan dosis pertama per 5 April 2021. Sementara untuk dosis kedua, vaksin telah disuntikkan kepada sedikitnya 498.076 orang.

"Di Jakarta ini, sejujurnya kita berada pada jalur cepat dengan perkembangan paling lancar melaksanakan vaksinasi Covid-19," kata Riza, di Jakarta, Selasa (6/4).

Kendati demikian, lanjut Riza, pihaknya mengakui jumlah ini masih jauh dari target vaksinasi tahap 1 dan 2 bagi tenaga kesehatan, lansia, dan petugas pelayanan publik yakni sebanyak 3.000.689 orang.

Riza menambahkan, masih jauhnya proses vaksinasi dari target lantaran kedatangan vaksin dari pemerintah pusat yang memerlukan waktu dan bertahap.

Selain itu, katanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga membutuhkan waktu untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan penyuntikan. Selain itu, pendataan calon penerima vaksin juga sempat bermasalah. Ini pun jadi hambatan.

"Waktu itu kan seharusnya melalui sistem online, tapi itu belum bisa maksimal sehingga sekarang sebagian data dihimpun secara manual," ujar Riza.

Perpanjang PPKM

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga 19 April 2021.

Kebijakan ini diterapkan melalui Keputusan Gubernur (Kepgb) DKI Jakarta No 405/2021tentang Perpanjangan PPKM Mikro dan Instruksi Gubernur No 18/2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro tingkat RT. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT