23 March 2021, 09:08 WIB

Depok Gencarkan Layanan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

PEMERINTAH Kota Depok menggencarkan vaksinasi covid-19 bagi warga melalui sistem drive thru.

Juru bicara Pemerintah Kota Depok untuk covid-19 Dadang W mengungkapkan vaksinasi dengan sistem drive thru digelar di area parkir Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Kota Depok.

Untuk tahap ini, kata dia, tersedia 6.300 vaksin yang diperuntukkan bagi tenaga pendidik. Sedangkan untuk masyarakat umum baru dilaksanakan pekan depan.

Baca juga: Wagub :DKI Ikuti Kebijakan Pusat soal Vaksin AstraZeneca

Vaksin Drive Thru di Kota Depok ini, menurut dia, adalah kali pertama digelar di Jawa Barat. Tujuannya, mempermudah warga yang hendak mengikuti vaksinasi covid-19.

Dipaparkan dia, program drive thru ini merupakan kerja sama lintas instansi dan juga lintas stakeholders.

Hari ini merupakan penggunaan pertama vaksin dari Kota Depok hasil kerja sama dengan Pemerintah Pusat, Kementerian Kesehatan, Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Depok dan juga oleh para pihak dalam hal ini XL Axiata dan Indonesia Bangkit.

"Hari ini merupalan hari pertama menggunakan vaksin dengan sistem drive thru yang alokasi di Kota Depok lebih kurang 6.300 vaksin dengan sasaran tenaga pendidik,” kata Dadang, Selasa (23/3).

Penerima vaksin dengan sistem drive thru cukup antusias. Mereka pun merasa lebih tertarik dengan sistem ini. Karena mereka merasa lebih nyaman berada dalam kendaraan pribadinya.

“Cukup (antusias) dan cukup efektif bagi mereka yang menggunakan kendaraan dengan daftar lewat aplikasi dan memang alokasi yang sudah ditentukan pada periode sekarang untuk pelayanan publik, dalam hal ini dosen atau tenaga pengajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita menambahkan sejak tahap I vaksinasi hingga sampai sekarang sudah ada 36 ribu yang divaksin. Mereka di antaranya adalah tenaga kesehatan, pelayan publik, pedagang, dan lansia.

“Sejak tahap I, Alhamdulillah, tidak ada keluhan dari mereka yang menerima vaksin, kalaupun ada hanya keluhan kecil seperti rasa pegal,” katanya.

Warga Kota Depok sangat antusias mengikuti vaksinasi ini. Terbukti dari banyaknya warga yang mendaftar dan datang untuk divaksin.

“Mereka sangat antusias. Vaksin yang kita terima kita selesaikan,” ucapnya. (Ol-1)

BERITA TERKAIT