16 March 2021, 17:35 WIB

Ombudsman Panggil Dinkes Terkait Vaksinasi Keluarga Anggota DPRD


Selamat Saragih | Megapolitan

KETUA Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, berencana memanggil Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terkait vaksinasi Covid-19 terhadap keluarga anggota DPRD DKI Jakarta.

"Nanti kami akan panggil Dinkes-nya," kata Teguh saat dihubungi melalui telepon, di Jakarta, Selasa (16/3).

Teguh menambahkan, apa yang dilakukan Dinkes DKI Jakarta dan DPRD DKI jelas merupakan tindakan malaadministrasi. Dia menegaskan, DPRD DKI sudah mengacau karena meminta anggota keluarga Dewan divaksinasi terlebih dahulu. Jadi dinilai mereka itu tidak punya malu memberi dan menerima yang bukan haknya.

"Bilang saja, Ombudsman bilang DPRD DKI ngaco kalau minta anggota keluarganya minta divaksinasi," kata Teguh.

Teguh tidak membenarkan alasan DPRD DKI yaitu hanya sekadar mengikuti apa yang dilakukan DPR RI yang menjalani vaksinasi bersama anggota keluarga.

Baca juga: Menhub Pastikan Tidak Ada Larangan Mudik Tahun Ini

Karena petunjuk teknis yang sudah dikeluarkan Dirjen Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan sudah mengatur kelompok prioritas.

"Kalau ada permintaan di luar (kelompok prioritas) itu namanya malaadministrasi," kritik Teguh.

Pasangan suami atau istri anggota DPRD DKI Jakarta diketahui ikut menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksinasi tahap II mulai digelar Selasa ini sampai dengan Kamis mendatang.

Selain vaksinasi suami atau istri anggota Dewan, DPRD DKI Jakarta juga berencana melakukan vaksinasi keluarga anggota Dewan lainnya seperti anak dan orangtua anggota Dewan.

Namun pelaksanaan vaksinasi keluarga anggota Dewan belum terealisir karena masih menghitung stok vaksin Covid-19 dari Dinkes DKI Jakarta.(OL-4)

BERITA TERKAIT