07 March 2021, 17:50 WIB

Kampung Tangguh Jaya di Pamulang Efektif Tekan Kasus Covid-19


Rahmatul Fajri | Megapolitan

PROGRAM Kampung Tangguh Jaya dianggap efektif menekan kasus covid-19.

Salah satu Kampung Tangguh Jaya di RW 19 Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan menunjukkan penurunan kasus yang signifikan yang awalnya 66 kasus, kini tersisa 6 orang saja.

Hal itu diungkapkan Ketua RW 19 Villa Inti Persada, Ecep Suwardaniyasa saat mendampingi Kapolda Metro Irjen Fadil Imran saat meninjau wilayah tersebut.

 

"Dengan kebersamaan dan gotong royong yang kita lakukan mampu dengan cepat menekan dan sekarang tinggal 6 orang menuju sembuh," kata Ecep di Villa Inti Persada, Tangerang Selatan, Minggu (7/3).

Sementara itu, Fadil mengatakan terdapat kegiatan rutin yang dilakukan warga sekitar untuk menekan penyebaran covid-19 dibantu oleh mobil khusus 3T yakni Testing, Tracing dan Treatment.

Ia mengatakan di RW tersebut dilaksanakan tes swab antigen. Jika ada yang positif, maka akan diadakan isolasi mandiri atau dilanjutkan perawatan jika diperlukan.

"Ini cara paling efektif dalam memutuskan malas rantai Covid-19. Dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat didukung pemerintah," kata Fadil.

Selain itu, Fadi mengatakan bagi warga yang mempunyai latar belakang di bidang kesehatan akan diberi pelatihan untuk menjadi tester sekaligus relawan testing untuk mendeteksi sedini mungkin penyebaran covid-19.

 

Kemudian, masyarakat juga membuat ternak lele dan menggarap kebun yang ditanami tanaman rempah-rempah untuk ketahanan pangan di wilayah itu.

"Yang paling menjadi ciri khas setiap pintu masuk sudah ada imbauan-imbauan taat patuh terhadap protokol kesehatan. Moga ini bisa berkembang. Ada 1.500 KK di sini mudah-mudahan ini bisa dijaga untuk mencegah timbulnya resiko yang cukup berat. Semoga ikhtiar ini bisa membuahkan hasil," pungkas Fadil. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT