07 March 2021, 17:21 WIB

Jalur Sepeda Diserobot, Wagub DKI Minta Masyarakat Disiplin


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MASYARAKAT diminta bergotong royong menjaga ketertiban dan tetap disiplin dalam berlalu lintas. Jalur sepeda permanen saat ini tengah dibangun di Jl. Jenderal Sudirman hingga Jl. MH Tharin sepanjang 11,3 km.

Selain itu, sudah ada 63 km jalur sepeda yang ada di Jakarta yang dibangun pada tahun lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria itu mengakui bahwa jalur sepeda kerap diokupansi oleh pengendara kendaraan bermotor.

"Ya tentu memang masih ada kekurangannya terkait disiplin masyarakat. Tugas Pemprov DKI menyiapkan regulasi,menyiapkan koridor. Tugas masyarakat patuh dan taat pada regulasi yang ada, pada aturan yang ada. Semuanya tidak bisa ditimpakan kepada Pemprov DKI. Kami butuh kerjasama yang baik dari masyarakat," ujarnya di Jakarta, Minggu (7/3).

Baca juga : Pemprov DKI Targetkan Pembebasan Lahan Ciliwung Tuntas di 2022

Ia meminta masyarakat pengendara kendaraan bermotor lebih perduli terhadap kebutuhan para pesepeda serta pejalan kaki dan begitupun sebaliknya. Sehingga tidak akan ada aksi saling menyerobot jalurnya satu sama lain.

Sebab, Pemprov DKI Jakarta telah mengembangkan sarana transportasi dengan optimal baik untuk pejalan kaki, pesepeda, pengendara bermotor, bus Trans-Jakarta, LRT, dan MRT.

"Semua sudah ada sarananya masing-masing. Ada jalur sepeda untuk pesepeda. Ada trotoar untuk pejalan kaki. Maka pesepeda jangan naik ke trotoar, apalagi motor. Begitu sebaliknya," tandasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT