07 March 2021, 17:00 WIB

Pemprov DKI Minta Kementerian PUPR Percepat Normalisasi Sungai


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau karib disapa Ariza berharap program normalisasi kali-kali di Jakarta bisa dilakukan segera oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ia menegaskan Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan tugasnya yakni melaksanakan pembebasan bidang lahan kali yang masuk dalam program normalisasi seperti Kali Ciliwung, Kali Sunter, hingga Kali Jatikramat.

"Mudah-mudahan tahun ini mulai dibangun kembali," kata Ariza di Jakarta, Minggu (7/3).

Politikus Partai Gerindra itu menegaskan sudah menganggarkan APBD DKI Jakarta sebesar Rp5 triliun tahun ini yang di antaranya digunakan untuk pembebasan lahan normalisasi.

"Alhamdulilah di 2019 dan 2020 tugas Pemprov DKI terkait normalisasi melakukan pembebasan lahan. Dalam 5 tahun ke depan, kita menganggarkan tidak kurang dari Rp5 triliun untuk pembebasan lahan," tegasnya.

Namun demikian, program normalisasi adalah program kerja sama dua pihak yakni Pemprov DKI dan Kemen PUPR sehingga keduanya harus berjalan beriringan agar program tersebut bisa berjalan lancar.

Diketahui dari 33 km panjang daerah aliran Kali Ciliwung yang harus dinormalisasi, Pemprov DKI Jakarta sudah menormalisasi sepanjang 16km. Masih ada 17 km daerah aliran Kali Ciliwung yang harus dinormalisasi.

"Tugas Menteri PUPR, Pak Basuki dan lain-lain, membuat tanggul-tanggul sheet pile," ungkapnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT