27 February 2021, 21:13 WIB

Anies: 578 Kilometer Jalur Sepeda di Jakarta Selesai 2030


Selamat Saragih | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, sepanjang 578,8 kilometer jalur sepeda di Jakarta ditargetkan selesai pada 2030. Sementara untuk tahun ini, target jalur sepeda yang sudah diselesaikan sepanjang 101,2 kilometer. Sepanjang 34,1 kilometer di antaranya merupakan jalur sepeda terproteksi dan 87,1 kilometer lainnya tidak terproteksi atau sharing dengan pengguna jalan lainnya.

Hal ini disampaikan Anies pada akun Facebook resminya, di Jakarta, Sabtu (27/2), usai mengecek progres pemasangan pembatas beton pada jalur sepeda terproteksi di Jl Sudirman-Jl MH Thamrin.

 

"Jalur sepanjang 11,2 kilometer dan lebar dua meter ini direncanakan rampung akhir Maret nanti. Jalur sepeda juga akan dilengkapi dengan fasilitas bike rack sebagai rest area pesepeda," jelas Anies.

 

Dia berharap pembangunan jalur sepeda itu akan makin meningkatkan minat dan kenyamanan warga Jakarta dalam bersepeda. Maka sepeda dapat menjadi alat transportasi sehari-hari.

 

"Khusus Sabtu-Minggu direncanakan akan ada lajur sepeda temporer tambahan selain yang permanen," imbuhnya.

Jalur sepeda permanen di Jl Sudirman-Jl MH Thamrin mulai diuji coba pada Jumat (26/2).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Rudy Saptari, mengatakan, uji coba akan berlangsung selama tahap penyempurnaan jalur sepeda permanen yang ditargetkan rampung akhir Maret 2021.

"Sampai dipermanenkan sesuai rencana akhir Maret sudah harus selesai untuk konstruksi dan perlengkapan pendukung lainnya," ujar Rudy, seraya menambahkan, jalur sepeda Jl Sudirman-Jl MH Thamrin dipasang pembatas beton agar pesepeda lebih aman dan nyaman. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT