22 February 2021, 18:02 WIB

Cegah Transportasi Lumpuh Akibat Banjir, BPTJ Lakukan Pemetaan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MENYUSUL terjadinya banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menerjunkan tim yang bersama dengan instansi lain saat ini tengah melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi rawan terjadi gangguan pelayanan transportasi jikaterjadi banjir, termasuk memastikan mengkoordinasikan langkah antisipasinya. 

"BPTJ hari ini telah melakukan rapat koordinasi melibatkan semua Dishub Pemprov / Pemkot /Pemkab se-Jabodetabek serta para operator transportasi. Kami sepakat untuk siap siaga mengantisipasi kemunginan dampak cuaca buruk beberapa hari ke depan terhadap transportasi, "ujar Direktur Prasarana BPTJ Edy Nursalam dalam keterangan resminya, Senin (22/2).

Mengingat kondisi cuaca ekstrem masih mungkin terjadipada beberapa hari ke depan, masyarakat diharapkan lebih aktif mengakses semua informasiterkait pelayanan transportasi. Dengan demikian masyarakat akan dapat melakukan antisipasiterlebih dahulu jika terdapat gangguan penyelenggaraan transportasi, sehingga dapat mengambilkeputusan lebih dini jika harus bermobilitas.    

BPTJ telah memerintahkansemua operator penyelenggara transportasi di Jabodetabek untuk cepat tanggap menyampaikaninformasi ke publik jika terjadi gangguan pelayanan akibat bencana banjir dan cuaca buruk akhirakhir ini. 

Edy melanjutkan, transportasi publik merupakan bagian dari pelayanan publikmaka wajib secara cepat diinformasikan kepada publik jika ada masalah dalam pelayanan,sekalipun disebabkan karena bencana alam. 

"Untuk itu kami telah menyampaikan kepadasegenap operator transportasi untuk mengindahkan hal ini," jelas Edy. 

Baca juga : Satu Genangan Tersisa, Layanan Transjakarta ini belum Operasi

Adapun untuk kanal-kanal informasi layanan penyedia sarana dan prasarana transportasi yangdapat diakses di antaranya adalah akun media sosial PT. KAI Commuter (@commuterline) dan akun twitterresmi layanan pelanggan PT. KAI (@KAI121). Untuk MRT Jakarta masyarakat dapatmengakses melalui akun twitter @mrtjakarta dan untuk PT. TransJakarta melalui@pt_transjakarta. 

Untuk pengguna jalan tol, masyarakat dapat mengakses informasi melaluiakun twitter resmi lalu lintas penyelenggara jalan tol yaitu @ptjasamarga. Pengguna transportasiJabodetabek juga dapat mengakses informasi melalui akun Instagram BPTJ @bptjkemenhub. 

Di sisi lain Edy menambahkan bahwa pada dasarnya penyelenggaraan transportasi perkotaan diJabodetabek tidak boleh sama sekali terhenti meski terjadi banjir. Oleh karena itu menurut EdyNursalam BPTJ

Sementara itu, ssejauh ini kondisibeberapa Terminal Bus dalam kondisi relatif aman termasuk keempat terminal yang berada dibawah pengelolaan BPTJ.

Meski keempat terminal di bawah pengelolaan BPTJ yang terdiri dariTerminal Baranangsiang Bogor, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal JatijajarDepok, dan Terminal Poris Plawad Tangerang relatif aman, langkah-langkah antisipatif tetapperlu untuk dilakukan. 

"Kondisi relatif aman juga terpantau di Terminal Pulo Gebang, Terminal Tanjung Priok danTerminal Kalideres Jakarta. Berbeda dengan kondisi terminal-terminal di atas, banjir terjadi diTerminal Kampung Rambutan. Meski terdapat beberapa titik yang terdampak banjir, layananoperasional di Terminal Kampung Rambutan tetap berjalan normal," lanjutnya.

Langkah penanganan banjirdi Terminal Kampung Rambutan saat ini tengah dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta salah satunya melalui pembuatan waduk agar dapatmenampung air dan mengantisipasi supaya tidak terulang kembali meluapnya air sungai hinggake terminal. 

Penumpukan penumpang akibat terjadinya banjir justru terdapat di Terminal Bekasi. Penumpukanterjadi karena kedatangan bus yang terlambat akibat terjebak banjir. 

"Namun demikian, kondisitersebut berangsur berkurang seiring dengan mulai menurunnya ketinggian air yangmenggenangi beberapa titik di jalan tol Jakarta – Cikampek setelah dilakukan penyedotan airoleh Jasa Marga," ujar Edy. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT