22 February 2021, 14:00 WIB

PPKM Mikro Efektif, Jakarta Pusat Nihil Zona Merah Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WILAYAH Jakarta Pusat sampai dengan kini nihil zona merah. Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat dihubungi Media Indonesia.

Irwandi mengatakan di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro ini, jumlah kasus covid-19 di Jakpus menurun.

"Karena PPKM Mikro ini jadinya kasus covid-19 di Jakpus menurun jauh. Kita tidak ada RT zona merah," kata Irwandi, Senin (22/2).

Menurut data Pemkot Jakpus, sebanyak 82,5% RT di wilayah ini berstatus zona hijau atau tidak memiliki kasus aktif covid-19. Sementara itu, sisanya 17,2% RT berada pada status zona kuning. Selain tidak ada RT berstatus zona merah, tidak ada wilayah RT di Jakpus yang berstatus zona oranye.

Penerapan pembagian zona berdasarkan warna selama PPKM Mikro pada wilayah RT diatur melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri No 3 tahun 2020. RT zona merah adalah RT dengan kasus aktif covid-19 terdapat di lebih dari 10 rumah dalam tujuh hari. 

Baca juga : Pemkot Jakpus Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Banjir

Sementara itu, untuk RT yang masuk zona oranye adalah wilayah RT dengan kasus aktif covid-19 pada 6-10 rumah. Kemudian RT zona kuning adalah wilayah RT yang memiliki satu sampai dengan lima rumah kasus covid-19. Zona hijau diperuntukkan bagi RT yang nihil kasus covid-19.

"Kita akan terus tingkatkan pengawasan protokol kesehatan dengan tiga pilar yakni TNI-Polri serta petugas kami di lapangan. Insya Allah minggu depan zona hijau bisa terus bertambah jadi 90%," ungkapnya.

Pengawasan prokes di masa perpanjangan PPKM Mikro ini, kata Irwandi, akan terus melibatkan unsur TNI-Polri melalui program Kampung Tangguh. Tidak hanya itu, unsur tiga pilar ini juga bersiaga untuk bencana banjir yang saat ini mengintai warga Ibu kota selama musim hujan. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT