21 February 2021, 21:06 WIB

BMKG : Jakarta Diguyur Hujan Lebat 24-26 Februari


Selamat Saragih | Megapolitan

KEPALA Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, mengatakan, wilayah Jakarta diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas lebat pada tanggal 24-26 Februari 2021.

Setelah hujan lebat mengguyur Jakarta dan sekitarnya pada 19-20 Februari, intensitas hujan diprediksi cenderung menurun pada tanggal 21-23 Februari 2021.

"Pada tanggal 21-23 Februari 2021, potensi hujan cenderung melemah dengan intensitas sedang dapat terjadi pada malam dini hari. Artinya tidak seperti hari-hari sebelumnya," ujar Dwikorita, di Jakarta, Minggu (21/2).

Menurut dia, banjir di Jakarta kemungkinan masih berkelanjutan. Karena itu, BMKG menekankan supaya Jakarta tetap waspada atas puncak musim hujan masih mengancam sampai Maret 2021.

Baca juga : Anies: Sejumlah Sungai di Jakarta Sudah Normal Kembali

Intensitas hujan diprakirakan meningkatkan mulai tanggal 23 Februari pada malam hari dan berlanjut hingga tanggal 24-26 Februari 2021.

Kondisi ini diprediksi terjadi merata di seluruh wilayah Jakarta. Hujan lebat yang terjadi kemungkinan disertai angin kencang atau kilat dan petir.

Hujan dengan intensitas tinggi diprakirakan tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di Bali dan Nusa Tenggara.

Menurut dia, kondisi ini terjadi karena adanya bibit siklon di wilayah bagian utara Australia, tepatnya di Samudera Hindia. Saat ini, bibit siklon tersebut sedang bergerak ke arah barat.

"Jadi tepatnya di sebelah selatan Jawa Barat, sehingga hal ini akan berpengaruh pada peningkatan intensitas hujan kembali," kata Dwikorita.

Dia mengatakan, selain hujan lebat, bibit siklon tersebut juga dapat menyebabkan hujan ekstrem.

"Namun doa kami semoga hanya menjadi bibit siklon, bukan benar-benar siklon. Kalau siklon akan semakin kuat intensitasnya," ujarnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT