21 February 2021, 15:29 WIB

Anies: Sejumlah Sungai di Jakarta Sudah Normal Kembali


Hilda Julaika | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan sejumlah sungai di kawasan Jakarta sudah kembali dalam posisi normal pagi ini (21/2). Hal ini disampaikannya saat meninjau di Pintu Air Manggarai, Minggu (21/2).

"Perlu kami sampaikan bahwa sejak tadi pagi permukaan sungai Ciliwung, Krukut, Kali Sunter, Pesanggrahan, telah sampai posisi normal," kata Anies.

Lebih lanjut dijelaskan, kiriman air dari luar Jakarta dari kawasan tengah (Depok) dan hulu (Bogor) sudah berkurang. Sementara itu, kiriman air yang masih ada datang dari wilayah Tangerang melalui Kali Angke.

"Kali Angke masih menerima begitu banyak kiriman air sehingga kawasan-kawasan kanan dan kiri dari sungai Angke ini masih ada genangan. Di hulu sungai Angke sudah mulai ada penurunan. Tapi perlu waktu beberapa jam untuk kemudian turun ke Jakarta. Ini semua nanti kalau dari kali Angke bermuara di Cengkareng drain," paparnya.

baca juga: Polisi: Boleh Bantu Korban Banjir Asal tak Pakai Atribut FPI 

Sementara itu, kawasan-kawasan yang tergenang cukup banyak kemarin karena terlewati sungai Krukut sudah mulai surut sejak tadi malam. Misalnya kawasan Kemang, Tendean, kawasan Widya Chandra, hingga kawasan Jalan Jenderal Sudirman yang terlalui oleh Kali Krukut.

"Kali Krukutnya Alhamdulillah tadi malam sudah mulai surut. Dan proses pemompaan berjalan terus hingga menjelang Subuh. Sehingga kita bisa menyaksikan pagi ini jalan-jalan itu semua sudah kering dan bisa dilewati kendaraan dengan baik," tutupnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT