20 February 2021, 18:50 WIB

Tol Banjir, YLKI: Gratiskan dan Beri Kompensasi Bagi Konsumen


Faustinus Nua | Megapolitan

HUJAN deras mengguyur area Kota Jakarta, dan Bodetabek telah menyebabkan banjir di sejumlah sejak Sabtu (20/2) dini hari hingga siang termasuk di beberapa ruas jalan tol.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun meminta operator agar menggratiskan sejumlah tol yang terendam banjir. Pasalnya, konsumen juga mengalami kerugian akibat banjir yang merendam sejumlah ruas tol.

"Seharusnya tol yang banjir itu digratiskan. Tak ada pungutan bagi konsumen. Sungguh anomali dan ironis jika jalan tol banjir tapi operator tol masih mengenakan tarif. Bahkan operatol/pengelola tol seharusnya memberikan kompensasi dan ganti rugi bagi kendaraan pengguna yang mogok dan rusak karena melewati banjirnya jalan tol," kata ketua YLKI Tulus Abadi dalam keterangan resmi, Sabtu (20/2).

Baca juga: Jakarta Banjir Besar, Seskab: Yang Salah Bukan Hujan

Menurutnya, pengelola tol seharusnya juga memperbaiki sistem drainase di sepanjang jalan tol. Sebab banjirnya jalan tol, selain karena curah hujan yang tinggi, juga buruknya sistem drainase di sepanjang jalan tol yang banjir tersebut.

"Dini hari tadi, jam 00.30 saya masih menerabas derasnya hujan di jalan tol, dan jalan tol sudah tergenang. Saya dari arah Merak, memasuki ruas tol Tangerang, tol dalam kota, dan ruas Jagorawi, hujan bak air bah tumpah dari langit," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT