20 February 2021, 17:32 WIB

Jakarta Banjir Besar, Seskab: Yang Salah Bukan Hujan


Cahya Mulyana | Megapolitan

SEKRETARIS Kabinet yang juga mantan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Pramono Anung menilai banjir Jakarta kali ini tidak biasa. Bencana ini mesti menjadi penanda bagi semua pihak untuk membenahi lingkungan.

"Banjir hari ini menurut saya adalah banjir yang tidak biasa, tidak pernah dalam mungkin 15-20 tahun ini, banjir yang kemudian cakupan luasnya seperti pada hari ini di DKI Jakarta," katanya dalam webinar bertajuk Politik Hijau PDIP, Sabtu (20/2).

Pramono mengatakan banjir yang terjadi tidak hanya akibat tingginya curah hujan. Faktor utama lainnya seperti kodisi sungai berkontribusi besar terhadap bencana ini.

"Pasti ada peristiwa alam yang terjadi," jelasnya.

Baca juga: Gubernur Anies: Banjir Gara-gara Hujan Lebat

Ia mengatakan tugas menjaga lingkungan merupakan kewajiban semua pihak. Namun upaya ini akan lebih berdampak luas ketika disokong kekuatan politik yang besar.

Untuk itu, kata dia, seluruh kader PDIP selalu diingatkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk memberi perhatian pada kelestarian lingkungan.

"Yang seperti-seperti ini biasanya Ibu Mega sebelumnya telah mengingatkan kepada kita semua untuk berjaga-jaga," terangnya.

Selama ini, di PDIP, masalah lingkungan hidup dan alam selalu diajarkan kepada calon-calon pemimpin muda yang menjadi calon kepala daerah PDIP.

"Sebab mereka mempunyai tanggung jawab untuk daerahnya supaya mereka juga mempunyai aware terhadap persoalan lingkungan yang ada," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT