19 February 2021, 15:27 WIB

90% Nakes di Jakarta Sudah Divaksin Tahap 1


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memberikan kabar terbaru mengenai perkembangan vaksinasi covid-19 kepada para tenaga kesehatan di Jakarta. Hingga hari ini total ada 90% tenaga kesehatan yang sudah diberikan penyuntikkan vaksin covid-19 tahap 1. 

Jumlahnya memang belum 100% karena Dinkes DKI Jakarta masih mengejar nakes yang berusia lansia tapi masih aktif berpraktik serta nakes yang menyusui. Widyastuti menyebut, sebelumnya dua golongan tersebut yakni lansia dan ibu menyusui belum diperbolehkan untuk divaksin. 

Selain itu, pihaknya juga mengejar vaksinasi kepada nakes yang menjadi penyintas covid-19 dan juga nakes yang vaksinasinya sempat tertunda karena memiliki penyakit komorbid. Kementerian Kesehatan memberikan ketentuan baru yakni lansia, ibu menyusui, dan orang-orang yang pernah terpapar covid-19 lalu sembuh dalam waktu lebih dari 3 bulan boleh divaksin.

Baca juga : Indonesia Ikut Uji Klinis Pengobatan Covid-19 Terbesar di Dunia

"Namun, seiring dengan pembaruan kebijakan Kementerian Kesehatan dan ketiga golongan tersebut sudah boleh divaksin maka kami kejar untuk pemberian vaksinnya," kata Widyastuti dalam media update vaksinasi covid-19 secara daring, Jumat (19/2).

Sementara itu, untuk nakes yang sudah divaksinasi hingga ke penyuntikkan kedua adalah 55%. Menurut Widyastuti, di Jakarta total ada 13% nakes yang terdata memiliki penyakit komorbid. Sesuai ketentuan Kemenkes, mereka sudah bisa divaksin asalkan dalam kondisi yang stabil saat proses skrinning sebelum penyuntikkan. 

"Mereka yang komorbid kan sempat tertuda meski sudah mendaftarkan diri. Jadi sekarang kami mengejar ini," ujarnya.

Untuk para nakes lansia yang masih berpraktik di faskes, Widyastuti menyebut penyuntikkan vaksin sudah dilakukan sejak sepekan lalu dan berjalan cukup lancar. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT