19 February 2021, 11:00 WIB

Pak Anies!!! Cipinang Melayu Banjir Lagi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BANJIR menggenangi wilayah Kelurahan Cipinang Melayu pagi ini. Banjir diakibatkan hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (19/2) dini hari.

Di wilayah Rt06/Rw013 banjir menggenangi permukiman warga hampir mencapai 1 meter. Warga pun dievakuasi dari rumah tinggalnya ke lokasi pengungsian terdekat.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menerjunkan lima perahu karet untuk evakuasi tersebut.

"Ketinggian air berbeda-beda tapi yang paling tinggi ada 90cm," kata Kepala Operasi Sudin Gulkarmat jakarta Timur Gatot Sulaiman saat dikonfirmasi.

Ada sebanyak 14 orang warga yang dievakuasi dalam peristiwa tersebut. Selain mengevakuasi warga, Sudin Gulkarmat Jaktim juga menerjunkan empat unit mobil pemadam guna melakukan penyedotan air di lokasi banjir.

Baca juga: PPATK Gandeng Polri Hindari Pendanaan Terorisme

"Ada mobil yang kita gunakan untuk menyedot air," ujarnya.

Di samping itu, dilihat dari situs petabencana.id banjir juga terjadi di Rt09/Rw011 Kelurahan Cipinang Melayu. Banjir menggenangi permukiman warga setinggi 80cm.

Sebelumnya, Kelurahan Cipinang Melayu sempat dibanggakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena tidak mengalami banjir saat Ibu Kota diguyur hujan lebat pada 9 Februari lalu. Anies saat itu berpendapat ia berhasil menangani banjir karena kelurahan yang kerap disambangi banjir hingga 1 meter lebih tiap tahunnya itu pada 9 Februari tidak mengalami banjir.

Anies pun mengungkapkan keberhasilannya itu di akun Instagram @aniesbaswedan pada 10 Februari. Ia menyebut, kelurahan yang dilalui Kali Sunter itu berhasil terhindar dari banjir karena upaya pengerukan, pembuatan tanggul hingga sodetan dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air Jaktim. (OL-4)

BERITA TERKAIT