09 February 2021, 19:30 WIB

Terekam Kamera Polantas Batal Menilang


Rahmatul Fajri | Megapolitan

KAKORLANTAS Polri Irjen Istiono mengaku pihaknya telah menindaklanjuti anggota polisi lalu lintas (polantas) yang batal menilang pengemudi mobil.

"(Sedang) Ditindaklanjuti Polda Metro," jawab Istiono kepada wartawan, Selasa (9/2)

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengaku pihaknya masih mencari sosok polisi dari Satuan Patroli Jalan Raya itu. Pihaknya akan meminta klarifikasi kepada polisi untuk mengetahui kejadian sebernarnya.

"Kami telusuri siapa anggotanya, untuk kita klarifikasi," kata Sambodo.

Sebelumnya, viral di media sosial Twitter yang memperlihatkan anggota polisi Patroli Jalan Raya yang hendak menilang seorang pengemudi mobil. Namun, Polantas itu batal menilang karena tahu apa yang dilakukan akan terekam dalam kamera Closed Circuit Television atau dashcam milik pengemudi mobil.

Video itu berdurasi sekitar 01 menit 44 detik. Awalnya, pengemudi mengambil lajur kiri saat jalan terbagi dua. Setelah mengambil lajur kiri, tiba-tiba laju kendaraannya diberhentikan petugas dari satuan PJR.

"Selamat pagi bapak, mohon izin bapak melanggar marka. Memotong, dari tengah memotong langsung kekiri. Mohon izin bisa diperlihatkan surat-suratnya," kata polisi tersebut.

Pengendara ngotot merasa tidak melanggar aturan. Menurut dia, mobil yang dikemudikan belum melewati garis segi tigaa di jalan raya, yang bisa dikatakan melanggar. "Tapi di sini kelihatan jelas Pak, Bapak yang mengendarai," kata polantas lagi.

Kemudian, pengendara mengaku memiliki kamera yang merekam aktivitasnya berkendara. Polantas langsung grogi dan menanyakan tujuan pengemudi tersebut.  "Begini Pak, saya lebih ininya lagikan gitu loh. Mau ke mana memangnya?" kata polantas itu.

Pengemudi menjawab mau pulang ke rumah. Dia baru saja mengantar anak dan istrinya. Polantas itu lalu mempersilakan pengemudi tersebut melanjutkan perjalanan. (OL-13)

Baca Juga: Ini Alasan Polri tak Beberkan Penyakit Maaher At-Thuwailibi

BERITA TERKAIT