28 January 2021, 16:38 WIB

Antisipasi Musim Hujan, DKI Siapkan 1.243 Lokasi Pengungsian


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melakukan sejumlah langkah antisipasi terhadap musim hujan. Seperti, menyiapkan 1.243 lokasi pengungsian yang tersebar di lima wilayah kota administrasi.

Jumlah lokasi pengungsian tersebut setidaknya dapat menampung 172.936 orang. "Karena pandemi covid-19, jumlah pengungsi maksimal dalam satu lokasi dibatasi. Sehingga, ada jaga jarak antar keluarga yang mengungsi," jelas Plt Kepala BPBD DKI Sabdo Kurnianto dalam keterangan resmi, Kamis (28/1).

"Kapasitas tampungan maksimal berkurang menjadi hanya sepertiganyam yakni 65.828 orang," imbuhnya.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya: Berkerumun Saat Pandemi Termasuk Kejahatan

BPBD DKI Jakarta juga memasang tanda dan arah lokasi pengungsian di 267 wilayah Kelurahan. Pihaknya telah mengeluarkan buku panduan kesiapsiagaan banjir untuk masyarakat, yakni sebanyak 33.311 buah.

Buku panduan sudah dibagikan kepada pengurus RT/RW. Masyarakat dapat mengunduh buku panduan tersebut melalui https://bit.ly/PanduanKesiapsiagaanMenghadapiBanjirJakarta. Selain itu, BPBD DKI telah membagikan buku pedoman pengendalian banjir kepada organisasi perangkat Daerah, lembaga usaha dan relawan.

Baca juga: Waspada, Jakarta Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

“Panduan tersebut berisi penjelasan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir. Mulai dari saat tidak terjadi banjir (tas siaga bencana), jika sudah ada potensi banjir, pada saat terjadi banjir. Jika berada di lokasi pengungsian dan setelah banjir. Harapannya, masyarakat lebih siap, meski personel dan pendukung lainnya kita kerahkan,” papar Sabdo.  

Untuk mengantisipasi penumpukan pengungsi, lurah dan camat menyiapkan lokasi pengungsian alternatif sebanyak 2-3 kali lipat. Pemprov DKI juga menyiagakan petugas atau relawan kesehatan, serta gugus tugas daerah. Berikut, sterilisasi lokasi pengungsian secara teratur, menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan dilengkapi tandon air dan sabun.(OL-11)

BERITA TERKAIT