22 January 2021, 20:14 WIB

DKI-Bodetabek Pastikan Bersinergi Selama PPKM


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, menegaskan sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemda Bodetabek sudah berjalan.

Menurutnya, sinergi dalam menanggulangi wabah covid-19 di antara pemerintah Jabodetabek sudah cukup baik. Namun, Ariza menegaskan, pihaknya membutuhkan dukungan yang lebih besar lagi agar kasus covid-19 di Jakarta bisa lebih ditekan.

Terlebih lagi 24% pasien covid-19 yang ditangani di Jakarta merupakan warga Bodetabek.

"Kami selama ini mendapat dukungan yang baik. Kami harapkan dukungan yang baik selama ini di Bodetabek dan daerah-daerah lain. Mudah-mudahan ada peningkatan. Karena selama ini, antara 24% sampai 30%, warga yang dirawat di RS Jakarta berasal dari non-Jakarta," kata Riza di Balai Kota, Jumat (22/1).

Baca juga : TPU Untuk Korban Covid-19 Hampir Penuh, Jakarta Siapkan Alternatif

Bukan hanya dukungan dari Pemda Bodetabek, Pemprov DKI juga amat mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat dalam melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Tapi akan lebih baik lagi kalau memang selama seperti dalam dua pekan ini pemerintah pusat memberikan dukungan yang lebih banyak lagi," terang politikus Partai Gerindra itu.

Di sisi lain, RIza mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM hingga 8 Februari mendatang. Dari data-data perkembangan kasus covid-19 memang saat ini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan pertambahan kasus di Jakarta.

"Terkait PPKM di pusat, tentu kami akan mendukung sepenuhnya terhadap kebijakan pemerintah pusat. Pemerintah pusat tentu memahami mengerti, melihat lebih jauh. Kalau kami melihat Jakarta, pemerintah harus melihat Indonesia," ungkapnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT