21 January 2021, 16:15 WIB

Kendalikan Banjir 487 Unit Pompa Stasioner di Ibu Kota Disiagakan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta telah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana guna mengendalikan banjir di musim hujan ini. Salah satunya ialah menyiagakan sebanyak 487 unit pompa stasioner yang ada di 178 lokasi rumah pompa.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun resmi Instagramnya, Kamis (21/1).

"Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan pompa stasioner sebanyak 487 Unit di 178 lokasi rumah pompa," kata Anies.

Selain itu, Rumah Pompa Pluit di Jalan Muara Baru Ujung Gedung Pompa, Penjaringan, Jakarta Utara, juga terus dioperasikan untuk pengendalian banjir di hilir sungai di Jakarta Utara. Rumah Pompa Pluit dianggap menjadi salah satu sistem pengendalian air yang penting di Jakarta.

"Saat ini terdapat 10 unit pompa dan 6 unit genset dengan jumlah operator sebanyak 38 personil," lanjutnya.

Tidak hanya di Pluit, kesiapan rumah pompa di seluruh wilayah DKI Jakarta juga akan dioptimalkan dalam pencegahan banjir di awal 2021.

"Sehingga diharapkan saat musim hujan ini tidak ada masalah dalam pengoperasiannya," jelasnya.

Selain itu, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta tercatat sudah membangun sebanyak 2.974 sumur resapan untuk pencegahan banjir di DKI Jakarta. Adapun 2.974 titik sumur resapan tersebut dikerjakan oleh tujuh instansi wilayah masing-masing di DKI Jakarta.

Dinas SDA membangun sebanyak 975 titik. Kemudian Sudin SDA Jakarta Selatan membangun 570 titik.

Sudin SDA Jakarta Timur membangun 456 titik sumur resapan. Sudin SDA Jakarta Pusat membangun 359 titik dan Sudin SDA Jakarta Barat 352 titik. Sudin SDA Kepulauan Seribu membangun 132 titik dan di Kawasan Monas dibangun 130 titik sumur resapan. Sumur resapan diharapkan tidak hanya mengurangi volume air dari limpasan hujan, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai cadangan air pada saat musim kemarau. (OL-13)

Baca Juga: Pascabanjir, Dinas SDA DKI Sebut Ada 76 Pompa Air yang Rusak

BERITA TERKAIT