21 January 2021, 15:56 WIB

Gandeng Kementan, Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar Daging Sapi di 5


 Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

TINGGINYA harga sapi hidup di negara asal (Australia) berdampak terhadap tingginya harga daging sapi di Jabodetabek. Hal ini disikapi dengan terjadinya aksi mogok para pedagang daging sapi Indonesia se-Jabodetabek.

Mogoknya para pedagang daging sapi tersebut direncanakan masih berlanjut hingga besok. Menyikapi aksi tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk antisipasi upaya pemenuhan kebutuhan daging sapi dalam bentuk penyediaan stok daging sapi beku.

"Dinas KPKP berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP) melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC)/ Pasar Mitra Tani menyediakan stok daging sapi beku di lima tempat," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas KPKP Suharini saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (21/1).

Lokasi operasi pasar tersebut yakni TTIC Pasar Minggu, TTIC Rawa Sari, TTIC Pangkalan Jati, TTIC Kalideres, dan TTIC Klender. Masyarakat Jakarta yang memerlukan daging sapi dapat membelinya di lokasi-lokasi tersebut.

Harga jual daging sapi di TTIC berkisar Rp70 ribu/kg sampai Rp90 ribu/kg sesuai spesifikasi daging.

"Intinya, masyarakat umum, para pedagang bakso, pengusaha industri rumahan yang memerlukan bisa datang membeli. Stoknya per hari per lokasi itu 1,2 ton dan bisa ditambahkan jika memang kurang," jelas Suharini. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT