18 January 2021, 21:28 WIB

Wagub DKI Sebut Libur Nataru Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan kasus covid-19 di Jakarta terus bertambah tinggi disebabkan libur panjang Natal dan tahun baru (Nataru).

Ariza mengatakan, libur panjang menjadi salah satu dari banyak faktor kasus covid-19 di Jakarta terus bertambah. Dari pengalaman beberapa kali libur panjang yang terjadi di 2020, kasus akan terus meninggi mulai dari sepekan setelah libur panjang terjadi.

"Karena memang di Jakarta kemarin libur akhir tahun yang masih memberikan dampak. Jadi setidaknya ada empat faktor yang menyebabkan kasus Jakarta masih cukup tinggi," ungkapnya di Balai Kota, Senin (18/1).

Faktor lainnya yakni karena masifnya tes PCR yang dilakukan di Jakarta. Selain itu, status Jakarta yang menjadi Ibu Kota dan kerap disinggahi pendatang diduga juga menjadi penyebab kasus covid-19 terus bertambah secara signifikan.

Baca juga: Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 Diperpanjang Tiga Hari

Namun, ia tetap berharap ada penurunan di sepekan terakhir penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dijadwalkan berakhir pada 25 Januari mendatang.

Sebelumnya, pemerintah pusat meminta kepada daerah-daerah di Jawa dan Bali dengan laju kasus covid-19 yang tinggi agar menerapkan PPKM secara serentak pada 11-25 Januari.

"Harapan kita tentu akan menurun di Jakarta dan mudahan-mudahan sering dimulainya vaksinasi masyarakat lebih peduli. Sekalipun ada keyakinan kami minta juga tetap disiplin taat menggunakan masker dan taat protokol kesehatan," tegasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT