16 January 2021, 19:10 WIB

Tim SAR Fokus Cari CVR Sriwijaya Air SJ-182


Rahmatul Fajri | Megapolitan

DIREKTUR Operasional Basarnas Rasman mengatakan tim gabungan saat ini fokus dalam pencarian keberadaan kotak hitam dari Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Kepulauan Seribu.

 

Rasman mengatakan pihaknya akan terus mencari keberadaan CVR yang belum ditemukan. Hal ini sekaligus membantah adanya informasi mengenai ditemukannya perekam suara kokpit itu.

 

"Khusus untuk masalah CVR, bahwa sampai saat ini belum kita temukan. Yang beredar di gambar adalah baru casingnya, ya," kata Sarman, di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (16/1).

 

Lebih lanjut, Sarman mengatakan pihaknya juga masih mencari bagian tubuh korban dan puing-puing pesawat.

 

"Body part tetap diutamakan, karena ini menjadi harapan bagi keluarga korban. Yang kedua adalah serpihan juga tetap diprioritaskan, dan yang berikutnya ada CVR banyak menjadi pertanyaan," ungkap Sarman.

 

Sementara itu, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah menerima 162 kantong jenazah yang berisi bagian tubuh korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

 

"Data postmortem sampai hari ini pukul 01.00 WIB telah kami terima dari posko 1 Tanjung Priok sebanyak 162 kantong jenazah," ujar Komandan DVI Polri Kombes Hery Wijatmoko, di RS Polri, Jakarta, Sabtu (16/1).

 

Hery mengatakan dari 162 kantong jenazah tersebut,152 kantong jenazah tengah diperiksa untuk mengidentifikasi korban. Ia menuturkan pihaknya juga menerima 74 kantong properti.

 

Selain itu, Hery mengatakan tim DVI telah menerima 288 sampel DNA dari keluarga korban.

 

Per Sabtu (16/1) siang ini, tim DVI Polri telah mengidentifikasi sebanyak 17 jenazah korban, yakni Okky Bisma, Khasanah, Fadly Satrianto, Asy Habul Yamin, Indah Halimah Putri, Agus Minarni, Ricko, Ihsan Adhlan Hakim, Mia Trasetyani, Yohanes Suherdi, Pipit Priyono, Supianto, Toni Ismail, Dinda Amelia, Isti Yudha Prastika, Putri Wahyuni, dan Rahmawati. Empat jenazah korban telah diserahkan ke pihak keluarga, yakni Okky Bisma, Asy Habul Yamin, Fadly Satrianto, dan Ricko. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT