15 January 2021, 13:02 WIB

Evakuasi SJ-182, Basarnas Tambah Jumlah Penyelam


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

DIREKTUR Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman, menyebutkan bahwa jumlah penyelam yang diturunkan untuk mengevakuasi korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu bertambah.

"Untuk penyelaman hari ini kurang lebih 310 orang penyelam, dan kemarin 260. Saya tetap membagi konsentrasi puing-puing serpihan dan pencarian CVR," ujar Rasman, di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Jumat (15/1).

Selain dengan metode penyelaman, Rasman mengatakan pencarian di atas permukaan tetap dilakukan menggunakan alutsista.

"Kapal 62 unit, alutsista berukuran kecil 21 unit. Itu seperti, sea rider, jetski. Kemudian pesawat udara jadi 13 unit. Dan Ambulance 37 unit," paparnya.

Rencananya, lanjut Rasman, operasi SAR juga akan memperluas pencarian udara. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, terpantau banyak serpihan yang terbawa arus dan semakin menjauh.

Adapun, sebanyak 4.132 personel gabungan dikerahkan untuk mencari korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/1).

"Personel ada 4.132 orang. Itulah potensi yang diserahkan ke kami untuk dioperasionalkan melakukan pencarian dan pertolongan Pesawat Sriwijaya," ungkapnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT