14 January 2021, 22:45 WIB

Pemprov DKI Targetkan 7,9 Juta weWarga Divaksin


Selamat Saragih | Megapolitan

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, proses vaksinasi Covid-19 di Jakarta kali ini merupakan jumlah terbesar jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. 

Kali ini vaksinasi terbanyak jumlahnya mencapai 7,9 juta orang. Sebelumnya, vaksinasi massal paling banyak berkisar dua juta orang.

"Ini merupakan sasaran vaksinasi terbanyak, karena kami pernah melakukan vaksinasi secara program massal gini paling banyak sekitar dua juta orang," kata Widyastuti dalam video yang diunggah akun YouTube Pemprov DKI, di Jakarta, Kamis (14/1).

Proses vaksinasi memerlukan partisipasi dari masyarakat. Selain itu, upaya ini juga memerlukan kolaborasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, BUMN, dan dari TNI/Polri.

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan tujuan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity bisa tercapai.

"Kalau tercapai, harapan kami secara kebal komunitas bisa mengurangi atau menurunkan angka penderita sakit akibat Covid-19," kata Widyastuti.

Dia menjelaskan, nantinya jumlah masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19 mencapai 7,9 juta orang dengan batas usia antara 18-59 tahun.

Dengan demikian, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta memerlukan 15-16 juta dosis vaksin agar tercapai kekebalan komunitas.

Sebab, satu orang penerima membutuhkan dua dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. (Ssr)

BERITA TERKAIT