14 January 2021, 15:59 WIB

Wali Kota Jakarta Selatan Terpilih Duduki Jabatan Sekda DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WALI Kota Jakarta Selatan, Marullah Mataliti, terpilih untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Kepala Sekretariat Presiden RI Heru Budi Hartono membenarkan hal tersebut.

Heru mengungkapkan surat keputusan (SK) presiden mengenai terpilihnya Marullah telah dikirim kepada Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Jusuf Kalla Kenang Syekh Ali Jaber sebagai Ulama Berdedikasi

"Iya SK sudah dikirim ke Pemda DKI," kata Heru kepada Media Indonesia, Kamis (14/1).

Untuk pelantikan, Heru mengatakan, hal tersebut akan dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Ia mendapat informasi, Marullah akan dilantik menjadi Sekda DKI besok, Jumat, 15 Januari 2021.

"Kewenangan melantik ada di gubernur dan kapannya saya belum tahu. Tapi dengar-dengar besok Jumat," ujarnya.

Marullah akan menduduki jabatan Sekda DKI usai posisi itu ditinggalkan oleh mendiang Saefullah.

Pria kelahiran Rorotan, Jakarta Utara itu wafat karena terpapar covid-19 pada 16 September 2020 lalu. Selama kekosongan tersebut, Sekda DKI diisi oleh Asisten Setda DKI Jakarta Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati sebagai Penjabat (Pj) Sekda.

Ia terpilih dari tiga kandidat yang namanya diajukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dua kandidat yang diajukan namanya ke Presiden Joko Widodo yakni Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dan Asisten Setda DKI Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati.

Berdasarkan UU No 29 tahun 2007 tentang Pemprov DKI Jakarta, Sekda DKI dipilih berdasarkan seleksi terbuka. Ada tiga kandidat final yang namanya diajukan ke Presiden dan dipilih salah satunya oleh tim penilai dari Presiden.

Seleksi terbuka ini sudah berlangsung sejak Oktober 2020 lalu. (
 

BERITA TERKAIT