14 January 2021, 15:58 WIB

Bank DKI Pastikan BST Covid-19 Cair Bulan Ini


Hilda Julaika | Megapolitan

BANK DKI memastikan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan bagian dari bansos penanganan pandemi covid-19, akan cair pada bulan ini.

Diketahui, sebanyak 1,05 juta kepala keluarga (KK) di Jakarta bisa mencairkan dana tunai. Bank DKI sudah memiliki kesiapan dalam pendistribusian kartu ATM rekening Bank DKI. 

Kartu ATM ini akan dibagikan kepada penerima bantuan. Sehingga, warga bisa menarik dana dari kartu tersebut.

Baca juga: Covid-19 Terkendali, Jam Operasional Mal Bisa Diperpanjang

“Secara teknis dalam layanan perbankan sudah siap. Termasuk kartu ATM dan buku. Nama penerima sudah kita cetak,” jelas Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Jufraini saat dihubungi, Kamis (14/1).

Penyaluran kartu ATM akan dikebut dalam waktu 10 hari. Hal ini sesuai dengan surat yang disampaikan Dinas Sosial DKI. Nantinya, pembagian kartu ATM dilakukan di sejumlah sekolah. Tentunya dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat.

“Proses pendistribusian akan dilakukan sesuai dengan kebijakan PSBB di Jakarta,” imbuh Herry.

Baca juga: Orang yang Telah Divaksin Masih Bisa Tertular Covid-19

Adapun jumlah penerima BLT melalui mekanisme transfer Bank DKI kurang lebih sekitar 1,05 juta KK. Dengan besaran Rp300 ribu per bulan dan diberikan dalam empat bulan ke depan.

Sementara itu, mekanisme lain ialah lewat PT Pos Indonesia yang diberikan kepada 750 ribu KK di Jakarta. Data penerima BLT 2021 bersumber dari data Bantuan Sosial Sembako Covid-19 2020, yang telah dilakukan pemadanan data dengan OPD terkait.(OL-11)

BERITA TERKAIT