14 January 2021, 13:58 WIB

Covid-19 Terkendali, Jam Operasional Mal Bisa Diperpanjang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempertimbangkan untuk menambah jam operasional pusat perbelanjaan atau mal di Ibu Kota. 

Diketahui, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pusat perbelanjaan beroperasi pukul 10.00-19.00 WIB. Sebelumnya, aturan PSBB transisi menerapkan operasional pusat perbelanjaan pukul 10.00-21.00 WIB.

Namun, ketentuan itu hanya akan diberlakukan jika kasus covid-19 di Jakarta dapat terkendali. Penegasan tersebut diutarakan Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (PPKUKM) DKI Andri Yansyah.

"Memang awalnya asosiasi pusat perbelanjaan itu protes. Kok yang awalnya jam buka sampai pukul 21.00, jadi pukul 19.00 WIB. Ya saya katakan ini sudah ketentuan selama PPKM di Jakarta," kata Andri saat dihubungi, Kamis (14/1).

Baca juga: DPRD Kritik Tracing Covid-19 Jakarta yang Masih Sangat Rendah

Menurutnya, keputusan perpanjangan jam operasional harus mengacu hasil evaluasi pelaksanaan PPKM. Evaluasi tidak hanya dilakukan Dinas PPKUKM, namun juga bersama SKPD terkait. Misalnya, Dinas Kesehatan, Satpol PP DKI, hingga Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kita nggak bisa putuskan sendiri. Jadi kan nanti ada evaluasi. Kalau memang kasusnya menurun, pengendalian kita berhasil, ya mungkin saja diperpanjang," jelas Andri.

Sebelumnya, Pemprov DKI menerapkan PSBB ketat mengikuti arahan pemerintah pusat yang ingin agar daerah di Jawa dan Bali menerapkan PPKM serentak. Adapun daerah dengan laju penyebaran covid-19 yang tinggi harus menerapkan PPKM serentak pada 11-25 Januari.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT