14 January 2021, 12:49 WIB

Kapolri Instruksikan Personel Sosialisasi Vaksinasi ke Masyarakat


Rahmatul Fajri | Megapolitan

KAPOLRI Jenderal Idham Aziz menginstruksikan personelnya turun ke lapangan untuk memberikan sosialisasi vaksin covid-19 ke masyarakat. Instruksi itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/50/I/Ops.2./2021 tertanggal 13 Januari 2021.

Dalam surat telegram yang ditandatangani Kabaharkam Komjen Agus Andrianto itu selain melakukan pengamanan, pengawalan pendistribusian, penyimpanan vaksin covid-19, Idham menginstruksikan jajaran kewilayahan memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan pentingnya vaksinasi.

"Berdayakan Bhabinkamtibmas untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi dengan melakukan kunjungan dan pendampingan kepada penerima vaksin untuk melakukan registrasi ulang. Libatkan Babinsa, lurah, kepala dusun, ketua RT/RW, serta Puskesmas setempat," kata Agus kepada wartawan, Kamis (14/1).

Agus mengatakan sosialisasi itu dilakukan terutama kepada masyarakat yang tidak memiliki ponsel.

"Atau masyarakat yang telah menerima SMS blast tapi tidak mengetahui cara registrasi ulang dan masyarakat yang telah menerima SMS blast, namun lupa atau ragu untuk melakukan registrasi ulang," jelas Agus.

Baca juga: Wamenkes: Belum Ada Sanksi Bagi yang Menolak Vaksin

Dengan sosialisasi itu, diharapkan masyarakat memiliki kepercayaan tinggi terhadap program vaksinasi. Lalu, ikut menyukseskan vaksinasi, sehingga bisa memutus mata rantai penularan covid-19.

Lebih lanjut, Agus mengatakan Polri mengerahkan 83.665 personel dalam pengawalan vaksinasi di seluruh Indonesia. Mereka menjalankan tugasnya sejak kedatangan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.(OL-5)

BERITA TERKAIT