13 January 2021, 11:24 WIB

Wagub DKI: BST Sudah Mulai Disalurkan Secara Bertahap


Hilda Julaika | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah dilakukan sejak pekan lalu. Hingga kini distribusi bantuan sosial ini dilakukan secara bertahap kepada seluruh penerima di Jakarta.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, seluruh warga yang menerima berhak akan menerimanya. Sudah dimulai sejak pekan lalu. Oleh Pak Presiden sudah dilaunching dan bertahap akan disalurkan ke warga Jakarta," ucap Ariza, sapaan karibnya di Balai Kota, Selasa (12/1) malam.

Baca juga: Arneta dan Tiga Anaknya Seharusnya tidak Naik SJ-182

Ariza menjelaskan lebih lanjut, BST sudah menjadi kesepakatan antara Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Pemprov DKI Jakarta. Untuk pembagiannya dibagi menjadi kewenangan Pemprov DKI dan kewenangan Kemensos.

Adapun yang menjadi kewenangan Kemensos jumlahnya adalah 750 ribu bansos. Sementara sisanya kurang lebih sebanyak 1.150.000 bansos itu menjadi kewenangan Pemprov DKI Jakarta.

"Sudah dibagi juga wilayah-wilayah pembagiannya dan diberikan dalam bentuk BST atau uang kesehatan sebesar Rp300 ribu, untuk tahun 2021 sementara untuk 4 bulan ke depan," jelasnya.

Nantinya, bantuan sosial sebagai respons dampak pandemi ini diterima langsung oleh warga dalam bentu uang tunai. Untuk BST yang merupakan tanggung jawab dari Pemprov DKI melalui Bank DKI. Sedangkan, untuk yang menjadi tanggung jawab dari Kemensos melalui PT. Pos Indonesia dan bank-bank BUMN. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT