13 January 2021, 09:24 WIB

Vaksinasi Warga DKI Dijadwalkan 15 Januari


Hilda Julaika | Megapolitan

PEMERINTAH  Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mulai melaksanakan progran vaksinasi di Jakarta pada Jumat (15/1). Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

"Terkait dengan vaksin insya Allah mulai tanggal 15 DKI Jakarta, hari ini (13/1) Pak Presiden di istana sebagai orang pertama di Indonesia yang akan menerima vaksin kemudian dibagi ke seluruh Jakarta," kata Ariza, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah menyepakati vaksinasi dimulai pada Kamis (14/1). Namun, pada hari Kamis biasanya banyak tokoh yang melakukan puasa Senin-Kamis. Alhasil disepakati Jumat (15/1) sebagai hari pertama vaksinasi di Jakarta.

"Tadinya kita akan mulai hari Kamis, tapi hari Kamis banyak tokoh-tokoh yang puasa Senin-Kamis. Akhirnya disepakati hari Jumat tanggal 15 pagi yang akan diberikan oleh yang berhak duluan yaitu, unsur dari kesehatan dan tokoh-tokoh masyarakat. Mudah-mudahan secara bertahap seluruh warga Jakarta akan menerima vaksin," paparnya.

baca juga: Perkuat Sosialisasi untuk Kikis Keraguan Warga DKI Terhadap Vaksin

Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria menilai saat ini masih banyak warga yang ragu dengan vaksinasi covid-19. Keraguan itu terkait dengan keamanan, kehalalan, dan efektivitas vaksin tersebut.

"Keraguan masyarakat terhadap vaksin masih besar, halal apa haramnya dan lain-lain," ujar Iman di Jakarta, kemarin.

Iman mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini Dinas Kesehatan DKI, bekerja keras untuk sosialisasi. Langkah itu penting guna meyakinkan apa yang masih menjadi keraguan warga terkait dengan vaksinasi. (OL-3)

BERITA TERKAIT