12 January 2021, 18:45 WIB

Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Resmi Diserahkan ke KNKT


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

BADAN Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) secara resmi menyerahkan kotak hitam atau black box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Pelabuhan JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1).

Kotak hitam jenis FDR (flight data recorder) ditemukan oleh tim SAR gabungan pada pukul 14.00 WIB di sekitar perairan Pulau Laki dan Lancang, Kepulauan Seribu. "Pada kesempatan ini black box resmi diserahkan kepada KNKT," ungkap Kepala Basarnas Bagus Puruhito, Selasa (12/1).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, setelah menerima kotak hitam tersebut, pihaknya akan mengunduh data dari FDR.

"Alhamudulillah kami mengucap syukur bahwa black box ini salah satunya yaitu flight data recorder telah ditemukan. Kami mohon doanya agar dalam pengunduhan data bisa berjalan lancar," jelasnya.

Baca juga: Kini Tinggal Mencari Perekam Suara Kokpit Pesawat SJ 182

Soerjanto menjelaskan, pihaknya akan memberikan konfirmasi kepada publik atas hasil pembacaan data FDR. Adapun waktu yang dibutuhkan hingga lima hari ke depan yakni mengunduh data-data yang terekam dalam FDR.

"Kami membutuhkan waktu dua hingga lima hari baru bisa mengunduh data, apakah data ini bisa terbaca atau tidak. Kami akan sampaikan ke rekan media, kalau data bisa berhasil dibuka dan isinya seperi apa," pungkasnya.

Sementara itu, cockpit voice recorder (CVR) yang merupakan bagian lain dari kotak hitam masih dalam pencarian tim SAR gabungan. (OL-14)

BERITA TERKAIT