12 January 2021, 11:41 WIB

Pertama di Indonesia, Gereja Katedral Jakarta Dipasang Panel Surya


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

UNTUK pertama kalinya di Indonesia ada bangunan gereja yang dipasangi panel surya untuk menjadi sumber tenaga listrik. Gereja yang mendapat kesempatan ini adalah Gereja Katedral Jakarta.

Diketahui dari akun Instagram resmi Gereja Katedral Jakarta @katedraljakarta penggunaan panel surya untuk menyerap panas matahari yang diubah menjadi energi listrik diresmikan pada Sabtu (9/1).

Panel-panel surya itu dipasang di beberapa bagian atap kompleks Gereja Katedral Jakarta.

Baca juga: Wagub Sebut Wajar Jakarta Masih Ramai di Hari Pertama PPKM

Pada peresmian tersebut, Gereja Katedral Jakarta sekaligus mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai gereja pertama di Indonesia yang memiliki panel surya.

Energi listrik yang didapat dari panel surya ini dapat digunakan untuk menjalankan seluruh kegiatan kelistrikan gereja di siang hari.

"Langkah ini untuk mewujudkan komitmen katedral dalam rangka merawat bumi, rumah kita, selain yang sudah selama ini dilakukan juga tentang pengelolaan sampah dengan baik," kata Kepala Paroki Katedral Jakarta Romo Hani Rudi dalam keterangan yang dilihat Media Indonesia, Selasa (12/1).

Peresmian itu juga dihadiri Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang menjadi donatur dalam kegiatan tersebut serta Uskup Igantius Kardinal Suharyo yang menandatangani prasasti peresmian panel surya.

Jonan yang hadir dalam kesempatan tersebut mewakili para donatur pun mengapresiasi para donatur yang telah ikut berpartisipasi.

"Semoga hal ini bisa diikuti oleh seluruh rumah ibadah besar lainnya. Terima kasih juga atas dukungan PLN, Kementerian ESDM, PLN UID Jakarta Raya, dan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia," tutur Jonan. (OL-1)

BERITA TERKAIT