10 January 2021, 14:05 WIB

Dibekali Cukup Ilmu, Keluarga Kopilot SJ 182 Yakin Diego Selamat


Hilda Julaika | Megapolitan

SALAH satu keluarga dari kopilot Sriwijaya Air, Diego Mamahit masih kaget dengan kabar hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Sang kakak, Chrish Manahit yakin kalau adiknya selamat dari peristiwa ini. Sebab sudah dibekali ilmu untuk menghadapi kejadian buruk saat bertugas.

"Kami tetap percaya bahwa Diego selamat. Tuhan baik, Diego orang baik. Dia sayang sama keluarganya, sama kita semua. Kami percaya sampai dengan detik ini pun Diego selamat. Dia bisa berjuang, dia sudah diajarin buat recovery kalau terjadi kejadian buruk apapun,” ujar Chris di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (10/1).

Chris pun mengutarakan jika sang adik sangat memperhatikan keamanan dan kesiapan pesawat sebelum berangkat. Berulang kali Diego mengatakan tak akan menerbangkan pesawat yang memiliki masalah atau kerusakan.

“Dia selalu bilang kalau ‘Saya gak akan jalan kalau pesawatnya rusak.’ Saya pegang kata-kata dia. Saya sampai ancam dia kalau sampai pesawat rusak jangan jalan ya. Saya selalu bilang sama Diego. Dia bilang ‘Iya pasti saya pastiin pesawatnya layak jalan setiap jalan’,” ceritanya.

Diketahui Diego melakukan penerbangan ini untuk melaksanakan tugas ke Padang. Namun, menggunakan pesawat SJ 182 yang harus mengantarkan penumpang ke tujuan Pontianak terlebih dahulu.

Adapun hari ini pihak keluarga telah memberikan sejumlah sampel darah, sidik jari, dan dental gigi kepada RS Polri. Diego mengatakan data ini diperlukan untuk proses identifikasi. Meski demikian pihaknya masih percaya jika Diego bisa selamat.

“Jadi ada tiga, darah, dental gigi, dan sidik jari untuk bantu identifikasi jika diperlukan ya. Ini kalau diperlukan ya. Saya yakin adik saya selamat. Ini hanya keperluan SOP Polri,” tutupnya. (OL-13)

Baca Juga: BPBD Babel Kirim 5 Penyelam Dukung Pencarian Sriwijaya Air

BERITA TERKAIT