07 January 2021, 10:23 WIB

Gubernur dan Wagub DKI Siap Disuntik Vaksin Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak keberatan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19. 

"Kami, Pak Gubernur, tentu tidak keberatan. Kami siap kapan pun divaksin," kata pria yang akrab disapa Ariza itu di Balai Kota, Rabu (6/1). 

Ia menuturkan hal tersebut untuk dijadikan contoh bagi warga yang masih ragu untuk melakukan vaksinasi.

"Biasanya pemimpin itu yang harus mendahulukan warga yang paling membutuhkan. Kalau warga tidak yakin, minta pimpinan, pimpinan pasti siap, karena yang dilakukan oleh pimpinan adalah yang terbaik bagi seluruh warga," tegasnya.

Baca juga: Vaksinasi Jakarta Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

Politikus Partai Gerindra itu juga mempersilakan masyarakat yang keberatan dengan penerapan sanksi denda bagi yang menolak vaksinasi covid-19 untuk mengajukan keberatan secara hukum. 

"Karena kita negara hukum, silakan bagi siapa saja warga yang keberatan atau menolak, mengajukan secara hukum prosedurnya. Silahkan mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung," tutur Ariza. 

Ia pun akan menyerahkan segala keputusannya kepada MA dan memastikan Pemprov DKI Jakarta akan mematuhinya. Namun, sebelum ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap, Pemprov DKI Jakarta tetap akan melaksanakan ketentuan mengenai vaksinasi. 

Ariza sebelumnya mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 453 fasilitas kesehatan (faskes) yang akan digunakan sebagai lokasi vaksinasi. Selain itu, sudah ada 39.200 dosis vaksin yang tiba untuk wilayah Jakarta dan diutamakan bagi tenaga kesehatan.(OL-5)

BERITA TERKAIT