30 December 2020, 09:59 WIB

Risma Blusukan di Jakarta, DPRD: Itu Ditunggu Rakyat Kelas Bawah


Hilda Julaika | Megapolitan

MENTERI Sosial (Mensos) Tri Rismaharini langsung melakukan aksi blusukan di hari pertamanya bekerja. Ia menyusuri aktivitas masyarakat di bawah kolong jembatan di Jakarta.

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengapresiasi langkah yang dilakukan Risma. Menurutnya, apa yang dilakukan politikus PDI-P ini adalah aksi yang ditunggu oleh masyarakat kelas bawah.

"Apa yang dilakukan Bu Risma sebagai Menteri Sosial itu yang ditunggu-tunggu masyarakat kalangan bawah. Bayangkan bagaimana di pusat jantung Jakarta tidak lebih dari 1 KM masih ada pemukiman kumuh kok. Apa yang dilakukan Bu Risma sudah sangat baik," kata Pras saat dihubungi, Selasa (29/12) malam.

Baca juga: Risma Janji ke Warga di Kolong Jalan, Pemkot Jakpus: Sudah Itu Sih

Menurut Pras, orang-0rang kolong jembatan yang ada itu bagian dari kelompok marginal, yang kesejahteraannya sangat memperihantinkan. Sehingga harus menjadi perhatian pemerintah pusat karena kelompok ini membutuhkan pertolongan atau bantuan. Apalagi di masa pandemi ini, harus ada pihak yang membantu dan harus diberikan pengarahan mengenai pentingnya protokol kesehatan.

"Itu merupakan salah satu bagian penting dan merupakan tugas Kementerian Sosial. Bu Risma merasa bahwa di hari pertama beliau harus meninjau, melihat langsung bagaimana kehidupan orang- orang yang berada dan hidup di bawah kolong jembatan," ungkapnya.

Menurut Pras, Risma juga perlu memastikan kelompok lain yang garis kesejahteraannya di bawah garis kehidupan yang layak.

"Bagaimana penanganannya yang layak dan akan dimasukkan dalam program kerja Bu Risma sebagai Mensos," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT