03 December 2020, 14:15 WIB

Anies Ajukan Dhany Sukma Sebagai Wali Kota Jakpus


Hilda Julaika | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan Dhany Sukma sebagai Wali Kota Jakarta Pusat. Saat ini, Dhany menjabat Kepala Dinas Dukcapil DKI.

Kabar itu dibenarkan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. Dia mengungkapkan sudah ada surat pemberitahuan dari Anies ke DPRD DKI. Surat tersebut disampaikan pada Selasa (1/2) kemarin.

“Iya baru kemarin, Selasa (1/2), surat pemberitahuannya diberikan. Namanya Dhany Sukma. Iya (Kadis Dukcapil),” ujar Pras saat dihubungi, Kamis (3/12)

Komisi A DPRD DKI dikatakannya segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Pengujian ini bertujuan melihat sepak terjang dan kompetensi Dhany.

Baca juga: Meski Positif Covid-19, Anies akan Tetap Pimpin Rapat Kerja SKPD

“Mekanismenya begini, fit and proper test dari Komisi A. Kalau bukan Komisi A, saya yang menguji dia. Sejauh mana pengalaman memegang wilayah. Terus pernah menjadi lurah atau camat mana,” jelas Pras.

Apabila lolos uji kelayakan dan kepatutan, Dhany bisa menjadi Wali Kota Jakarta Pusat. Saat ini, posisi jabatan itu kosong pascapencopotan Bayu Meghantara.

Anies membebastugaskan Bayu karena dianggap memberikan fasilitas milik Pemprov DKI ke acara pernikahan anak Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Diketahui, acara itu menimbulkan kerumunan massa, yang menutup akses Jalan KS Tubun dan melanggar protokol kesehatan.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT