01 December 2020, 19:45 WIB

Anies dan Riza Positif Korona, Istana Justru Lempar Pujian


Andhika Prasetyo | Megapolitan

KEPALA Staf Kepresidenan mengapresiasi sikap transparan yang ditunjukkan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Riza Patria.

Sebagaimana diketahui, dua pejabat negara itu mengumumkan kepada publik terkait kondisi kesehatan mereka yang kini dinyatakan positif covid-19.

"Saya pikir apa yang dilakukan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta adalah sebuah responsibility yang sangat tinggi," ujar Moeldoko di Kantornya, Jakarta, Selasa (1/12).

Dengan mengumumkan kondisi kesehatan kepada publik, masyarakat terutama yang pernah bertemu atau melakukan kontak langsung bisa segera mengambil langkah untuk memeriksakan diri.

"Ini akan memudahkan petugas melakukan tracing. Intinya di situ. Sekali lagi, diperlukan tanggung jawab sosial dan tanggung jawab pribadi yang tinggi di situ," tuturnya.

Sebaliknya, Moeldoko mengatakan sikap tanggung jawab sosial seperti itu tidak dimiliki Rizieq Shihab yang justru berupaya menutup-nutupi kondisi kesehatannya.

Menurut Moeldoko, hasil tes usab Rizieq sangat penting diketahui publik karena ia telah memicu dan terlibat dalam sebuah kerumunan yang sangat besar.

Jika ternyata ia dinyatakan positif covid-19, orang-orang yang sempat berada di sekitarnya pun berpotensi terinfeksi virus tersebut.

"Data itu untuk tujuan tracing dan ini terkait dengan tanggung jawab moral. Kalau seseorang yang positif covid-19 itu sembrono, masih berkomunikasi dengan orang lain, itu akan membawa sebuah risiko bagi orang lain. Berarti, seseorang itu tidak punya tanggung jawab sosial," pungkas mantan Panglima TNI itu. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT