23 November 2020, 19:51 WIB

Hasil Pelacakan Kontak, Kasus Covid-19 di Petamburan Meningkat


Selamat Saragih | Megapolitan

ANGKA kasus positif Covid-19 di wilayah Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, meningkat setelah dilakukan pelacakan kontak (tracing) di wilayah itu.

"Setelah empat hari kita lakukan tracing langsung terlihat adanya penambahan kasus Covid-19," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari, di Jakarta, Senin (23/11).

Erizon mengatakan, pelacakan kontak ini dilakukan setelah beberapa kali terjadi kerumunan massa pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, di wilayah itu.

Tentang kondisi Lurah Petamburan, Setiyanto, yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19 pun menjadi pintu masuk untuk melakukan pelacakan kontak.

Hasilnya, sebanyak 20 orang dinyatakan positif Covid-19. "Penambahan bukan hanya dari orang terdekat Lurah Petamburan saja, tapi dari warga juga ada yang positif Covid - 19," katanya.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Temui Anies Baswedan

Erizon pun memastikan, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang siap jika dibutuhkan dalam melakukan tes swab terhadap Rizieq Shihab. Namun sejauh ini belum ada informasi apakah ada rencana pemeriksaan terhadap Rizieq.

"Pada intinya kami siap jika diperlukan dalam periksa HRS (Rizieq). Kita juga belum tahu apakah HRS sudah atau belum periksa swab test sebelum datang ke Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, aparat dari kepolisian, TNI dan Satpol PP sudah mendatangi rumah Rizieq untuk menyarankan agar pimpinan FPI itu melakukan tes usap.

Pengacara FPI, Aziz Yanuar, pun menyatakan bahwa mereka sudah memiliki tim sendiri untuk melakukan tes swab kepada Rizieq.

Kendati demikian, Aziz enggan mengungkapkan apakah Rizieq sudah menjalani tes usap atau belum. Dia menyebut hal itu merupakan urusan pribadi sehingga tidak perlu dipublikasikan. (OL-4)

BERITA TERKAIT