06 November 2020, 15:10 WIB

Anggaran Banjir Jakarta 2020 Fokus di Pembebasan Lahan


Hilda Julaika | Megapolitan

FOKUS realisasi anggaran banjir di APBD 2020 yaitu pada pembebasan lahan. Hal ini bisa berdampak pada peningkatan kapasitas kali dan waduk, pengadaan pompa mobile, serta perbaikan pompa-pompa stasioner.

"Peningkatan infrastruktur pengendali banjir untuk 2020 difokuskan pada pengadaan lahan untuk peningkatan kapasitas kali dan waduk, pengadaan pompa mobile, serta perbaikan pompa-pompa stasioner,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta. Jumat (6/11).

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp781 miliar dari APBD untuk pembebasan lahan di tahun ini. Pertama, pemerintah menyediakan dana Rp229 miliar untuk membangun waduk di lima wilayah. Waduk tersebut rencananya dibangun di Kampung Rambutan, Cimanggis, Pondok Rangon, Brigif, dan Lebak Bulus.

Kedua, Pemprov DKI membutuhkan dana Rp552 miliar untuk pembebasan lahan beberapa kali lain. Setidaknya ada lima kali, yakni Ciliwung, Sunter, Pesanggrahan, Angke, dan Jatikramat.

Untuk tahun-tahun mendatang, Pemprov DKI akan melaksanakan pembangunan lain, seperti sistem pompa yang mendukung sistem polder, sodetan, dan tanggul laut untuk penyelesaian secara menyeluruh. Ini akan dilaksanakan secara tahun tunggal maupun tahun jamak. (OL-14)

BERITA TERKAIT