02 November 2020, 08:31 WIB

Polri Bakal Panggil Refly Harun untuk Diperiksa Terkait Sugi Nur


Yakub Pryatama | Megapolitan

PENYIDIK Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri akan memanggil Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun untuk diperiksa sebagai saksi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/11) mendatang.

"Tanggal 3 November (besok) Refly Harun rencananya akan diperiksa penyidik," ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono kepada Media Indonesia, Senin (2/11).

Namun, Awi belum berkomentar terkait waktu atau jam pemeriksaan Refly Harun oleh penyidik. Adapun Refly merupakan saksi dalam kasus dugaan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama (NU) yang menjerat Sugi Nur Raharja.

Penyidik Polri pun telah resmi melayangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap Refly.

"Kalau dipanggil memberikan keterangan saya akan datang," ucap Refly, Selasa (27/10).

Baca juga: Hari Ini, Sugi Nur akan Ajukan Penangguhan Penahanan

Refly mengklaim proses wawancara Sugi Nur yang diunggah dalam kanal YouTube miliknya semata-mata merupakan bentuk kolaborasi sesama YouTuber seperti pada umumnya.

Adapun penyidik sejauh ini telah memeriksa empat orang saksi. Dua di antaranya ialah pihak pelapor dan dua lainnya merupakan ahli bahasa dan hukum pidana.

Awi mengemukakan penyidik berencana melakukan pemeriksaan terhadap ahli ITE. Pemeriksaan tersebut bakal dilakukan usai penyidik memeriksa bukti video terkait ujaran kebencian terhadap NU yang dilakukan oleh tersangka Sugi Nur.

Sugi Nur ditangkap oleh penyidik Bareskrim Polri di kediamannya yang berlokasi di Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (24/10) dini hari.(OL-5)

BERITA TERKAIT