11 September 2020, 09:27 WIB

Ketua DPRD DKI Minta PSBB Mikro Digencarkan


Yanti Nainggolan | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta agar pembatasan sosial berskala besar PSBB mikro digencarkan. Artinya, pengawasan di lingkup RT makin diperketat.

"Karena memang wilayah di zona merah ini menjadi bahaya kalau tidak dijaga. Sudah lama Jakarta zona merah," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (11/9).

Politikus PDI Perjuangan tersebut meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meningkatkan sinergi antara Pemprov DKI dengan TNI Polri untuk mengawasi zona merah. Langkah tersebut dinilai lebih objektif ketimbang mengeluarkan pernyataan yang berdampak pada sentimen negatif terhadap perekonomian.

Baca juga: Pekan Depan Ganjil-Genap Ditiadakan

"Dan hati-hati membuat pernyataan yang bisa membuat IHSG anjlok," tambah dia.

Koordinasi dengan pimpinan kota-kota penyangga agar penerapan aturan PSBB juga diperlukan agar PSBB dapat berjalan maksimal. Prasetio meminta agar upaya dan kebijakan aturan dalam PSBB di DKI Jakarta harus juga dilakukan di daerah penyangga.

"Harus linier ini. Kalau tidak, percuma," ucap Prasetio.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan PSBB secara total pada Senin (14/9). Alasannya, kapasitas tempat tidur isolasi pasien covid-19 semakin menipis.

Saat ini, terdapat 4.053 tempat tidur isolasi dengan persentase pemakaian sebesar 77%. Sedangkan, jumlah tempat tidur ICU sebanyak 528 unit dengan persentase pemakaian mencapai 83%. Data ini diambil dari 67 rumah sakit (RS) rujukan pada Minggu (6/9). (OL-1)

BERITA TERKAIT